fbpx

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Apa itu Bank+?
A: Bank+ merupakan solusi platform perbankan digital yang menghubungkan bank dengan masyarakat umum baik perorangan, badan usaha atau sejenisnya dengan fitur lengkap, terstandarisasi, aman, mudah digunakan dan juga mudah diintegrasikan dengan sistem core banking apapun.

Q: Apakah yang dimaksud social banking?
A: Social banking adalah konsep layanan keuangan yang menawarkan berbagai produk perbankan serta menghubungkan bank dengan berbagai mitra badan usaha untuk membentuk sebuah ekosistem layanan keuangan yang mudah dijangkau oleh masyarakat yang tidak mendapat akses layanan finansial sama sekali dan masyarakat yang mendapat akses layanan finansial namun terbatas.

Q: Apa tujuan dari menggunakan Bank+ bagi Bank?
A: Ketika menggunakan Bank+, Bank dapat menghadirkan layanan keuangan lebih dekat dengan masyarakat tanpa perlu membuka kantor cabang bank. Mendukung Bank dalam menjaring nasabah, melakukan ekspansi bisnis lebih mudah dengan biaya yang lebih rendah.

Q: Mengapa Bank perlu menggunakan Bank+?
A: Melihat problematika sebagian besar bank saat ini seperti layanan bank yang belum mampu menjamah daerah pelosok, banyak masyarakat yang tidak mendapat akses layanan finansial sama sekali dan belum terjangkau oleh bank serta produk bank yang kurang dikenal masyarakat, Bank+ hadir membawa solusi atas segala permasalahan tersebut.

Q: Apa saja yang didapatkan Bank jika menggunakan Bank+?
A: Transaksi Agen , Akusisi Agen dan Mitra, Laporan lengkap, supporting sistem dan masih banyak lagi

Q: Hal apa saja yang bisa dicapai Bank dengan menggunakan Bank+?
A: Peningkatkan jumlah nasabah, Peningkatkan penjualan produk perbankan, hemat biaya infrastruktur dan operasional Bank sebesar 40%, Peningkatan pendapatan melalui fee based income.

Q: Apa saja jaminan keunggulan yang dimiliki oleh Bank+?
A: Corporate customization

  • Bank dapat melakukan kustomisasi tampilan di platform Bank+ meliputi : logo, warna dan template laporan Online helpdesk 24/7\
  • Bank+ siap memberikan solusi terbaik untuk Bank melalui [ WA : 08113304455 | Hotline : 031 85589763 | Email : Hello@bankplus.id ] Dedicated technical support
  • Tim Bank+ sangat berdedikasi dan ahli di bidangnya

Q: Bagaimana cara Bank+ menjamin keamanan sistemnya?
A: <p>Bank+ menerapkan <strong>AAA</strong>:</p> <ul><li><strong>Authentification</strong><br>2FA (password akses, pin untuk transaksi)</li> <li><strong>Authorization</strong><br>User permission, disable list untuk data sensitif (misal: data agen)</li> <li><strong>Accounting</strong><br>Fitur Audit trail, database logging server (API. End to End, frontend, H2H), record aktivasi login (force logout)</li></ul>

Q: Siapa saja (user) dari pihak Bank yang bisa menggunakan Bank+?
A: Semua user dari pihak Bank dapat menggunakan platform Bank+, semua tergantung dari kebijakan masing2 Bank terkait siapa saja yang diberikan akses pada platform Bank+

Q:Apa saja fitur yang dimiliki Bank+?Apa saja jaminan keunggulan yang dimiliki oleh Bank+?
A: Berbagai fitur yang terdapat pada Bank+ dapat dilihat secara lengkap di link berikuthttps://bankplus.id/features/dashboard/

Q: Apa yang dimaksud dengan Agen Bank?
A: Sebuah pihak pembantu dari induk bank yang akan membantu pelayanan dari fitur dan program yang dijalankan bank induk tersebut. Para agen bank dapat memberikan layanan perbankan kepada masyarakat layaknya pihak bank.

Q: Apa yang dimaksud dengan Akuisisi mitra dan jaringannya?
A: Suatu penggabungan usaha antara Bank+ dengan Mitra, dimana dalam hal ini jaringan mitra yang dimiliki mitra otomatis akan menjadi bagian dari akusisi tersebut

Q: Apakah tampilan Bank+ bisa disesuaikan dengan branding image Bank?
A: Melalui salah satu jaminan keuanggulan Bank+ yaitu corporate customization, Bank dapat melakukan kustomisasi sesuai dengan identitas bank. Kustomisasi tersebut meliputi <strong>logo, warna dan template laporan</strong>

Q: Bagaimana cara Bank+ menjamin kualitas produknya?
A:

  • Pengalaman di dunia perbankan
  • Tim research yang selalu update fitur – fitur inovasi dalam Bank+
  • Tim support – maintenance 24.7 x 365

Q: Maintenance dan support seperti apa yang diberikan tim untuk Bank+?
A: Bank+ menyediakan fasilitas helpdesk untuk menyampaikan kendala yang berkaitan dengan teknis

Q: Apakah Bank+ akan mengikuti update ?
A: Ya, sistem Bank+ akan dilakukan update secara berkala untuk peningkatan performance (kinerja), Peningkatan control (pengendalian) dalam mendeteksi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan, peningkatan terhadap efisiensi operasi serta peningkatan terhadap pelayanan.

Q: Untuk Pengembangan (upgrade) sistem Bank+ bagaimana prosesnya?
A: Jika pengembangan yang diajukan Bank sesuai dengan pengembangan dari Bank+ maka free charge. Namun jika tidak sesuai dengan pengembangan yang dilakukan Bank+, maka Bank dapat mengajukanya terlebih dahulu ke tim business Bank+ untuk menyesuaikan perhitungan mandays

Q: Siapa yang menyediakan alat dan prasarana Laku Pandai kepada agen Bank?
A: Yang menyediakan alat dan prasarana Laku Pandai kepada agen Bank adalah pihak Bank

Q: Siapa yang melakukan due diligence kepada agen / mitra untuk Bank?
A:

  • Due diligence akuisisi mitra dilakukan oleh kantor besara bank
  • Due diligence akuisisi agen dapat dilakukan oleh kantor cabang bank ataupun mitra yang telah terdaftar

Q: Bagaimana mekanisme mengakuisisi agen atau mitra pada platform Bank+ ?
A: Agen yang dapat melakukan transaksi dengan menggunakan layanan pada platform Bank+ harus memenuhi ketentuan yang diatur dalam POJK Nomor 19/POJK.03/2014 Pasal 10 Ayat 1 sebagai berikut https://bit.ly/POJKLakuPandai

Namun, Bank juga dapat menyesuaikan pertanyaan-pertanyaan tambahan untuk due dilligence agen. Sehingga Bank dapat fleksibel menyesuaikan proses due dillegence, untuk mengetahui lebih lanjut cek link berikuthttps://bankplus.id/features/manageagent/

Q: Bagaimana jika bank memiliki produk (tabungan, transaksi dll) yang memiliki karakteristik tertentu (seperti minimum saldo, maksimal transaksi, dll)?
A: Bank+ mengintegrasikan sistemnya dengan sistem bank (core banking) secara realtime sehingga karakteristik produk-produk tersebut tetap menyesuaikan masing-masing bank

Q: Siapa yang memberikan training tentang cara merekrut nasabah dan produk Bank kepada agen / mitra?
A: Yang memberikan training terkait cara merekrut nasabah dan memasarkan produk Bank adalah dari pihak Bank terkait

Q: Produk Bank apa saja yang bisa diintegrasikan dengan platform Bank+?
A:

  • Tabungan
  • Kredit atau pembiayaan untuk nasabah mikro
  • Asuransi mikro; dan/atau
  • Produk keuangan lainnya

Q: Siapa saja pihak yang terlibat didalam model bisnis Bank+ ?
A:

  • Kantor Besar
  • Kantor Cabang
  • Mitra ( Badan Hukum atau Perorangan)
  • Agen

Q: Apa saja cakupan layanan yang diberikan oleh agen lakupandai ?
A:

  • Transaksi terkait tabungan dengan karakteristik BSA, meliputi pembukaan rekening, penyetoran dan penarikan tunai, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, transfer dana, pengecekan saldo, dan/atau penutupan rekening;
  • Transaksi terkait kredit atau pembiayaan kepada nasabah mikro meliputi penerimaan dokumen permohonan, penyaluran pencairan, penagihan atau penerimaan pembayaran angsuran dan/atau pelunasan pokok;
  • Transaksi terkait tabungan selain tabungan dengan karakteristik BSA meliputi penyetoran dan penarikan tunai, pemindahbukuan, pembayaran, dan/atau transfer dana;
  • Transaksi terkait layanan atau jasa keuangan lain sesuai ketentuan yang berlaku.

Q: Apa saja syarat dan pra-syarat yang wajib dimiliki Bank untuk dapat terintegrasi dengan Bank+?
A: Memenuhi persaratan menjadi Bank penyelenggara Laku Pandai dari OJK:

  • Berbadan hukum Indonesia;
  • Memiliki peringkat profil risiko, tingkat risiko operasional dan risiko kepatuhan dengan peringkat 1, 2, atau peringkat 3;
  • Memiliki jaringan kantor di Wilayah Indonesia Timur dan/atau provinsi Nusa Tenggara Timur; dan

Telah memiliki infrastruktur pendukung untuk menyediakan layanan transaksi elektronik bagi nasabah Bank berupa:

  • Short Message Service (SMS) banking atau mobile banking, dan
  • Internet banking atau host to host

Q: Ada berapa jenis platform yang diprovide oleh Bank+?
A: Terdapat 3 jenis platfrom yaitu Bank+ Website, Bank+ assistant, Bank+ Mobile Agent (tambah penjelasan terkait pengguna dan platformnya berfungsi untuk apa)

  • Bank+ Website Semua kegiatan Laku Pandai dapat dipantau oleh semua user melalui Bank+ Website karena transaksi dan pencatatan terpusat di platform tersebut.
  • Bank+ Assistant Bank+ Assistent memudahkan pihak Bank dalam melakukan akusisi agen/mitra
  • Bank+ Mobile Agen Transaksi lebih mudah dilakukan oleh agen melalui Bank+ Mobile Agen

Q: Apakah Bank+ memberikan training terhadap pihak Bank ?
A: Ya, Bank+ memberikan training dan support terhadap pihak Bank terkait

Q: Apa saja cakupan training yang diberikan oleh Bank+ ?
A:

  • Bisnis
  • Development
  • Deployment
  • Testing
  • Operational

Q: Di negara manakah server Bank+ berada?
A: Server Bank+ berada di Indonesia

Q: Apakah Bank+ memberikan source code kepada pihak Bank?
A: Tergantung dengan kesepakatan dengan pihak Bank. Untuk mendapatkan info detail silahkan hubungi tim terkait kami di 08113304455 (Samira)

Scroll to Top